DISTANCE LEARNING DAN ISTILAH-ISTILAH DASAR DALAM INTERNET

belajar jarak jauh

belajar semakin mudah

DISTANCE LEARNING DAN ISTILAH-ISTILAH DASAR DALAM INTERNET

Oleh: Widhia Maudu’ah, Siti Muthmainnah

 

PENDAHULUAN

Dewasa ini teknologi informasi dan komunikasi berkembang sangat pesat di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Salah satu teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang pesat saat ini adalah internet. Di dunia pendidikan, internet juga digunakan sebagai media pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang mempergunakan internet diantaranya adalah metode Distance Learning.

Inovasi ini juga lalu mendorong sektor pendidikan memasuki sebuah jaman yang benar-benar baru yang ditandai oleh kemampuan masyarakat dalam membentuk sebuah peradaban baru yang begitu tergantung pada (teknologi) informasi dan berbagai kegiatan (yang menjadi) maya. Kegiatan pendidikan tinggi yang begitu sulit untuk dijangkau, kaku, tertutup, kurang motivasi, dan tidak bersahabat, kini dengan penggunaan Internet yang dikenal sebagai e-learning menjadi pilihan dan merupakan sumber belajar dalam menghadapi tantangan masa depan. (Inglis, Ling, & Joosten, 1999)[1].

Rendahnya akses pendidikan, mahalnya biaya pendidikan, dan pengorbanan yang harus dikeluarkan seperti harus meninggalkan pekerjaan menyebabkan banyak tenaga kependidikan yang belum mempunyai  kesempatan untuk belajar secara formal. Pendidikan orang dewasa sebenarnya dapat diperoleh secara formal maupun informal di institusi pendidikan, pelatihan-pelatihan, hubungan dan kerjasama internasional serta aktivitas ekstrakulikuler[2] termasuk  juga lewat pengembangan dan pengimplementasian e-learning.

Dari pemaparan di atas maka, dalam makalah ini akan membatasi pembahasan pada pengertian distance learning dan  internet, serta beberapa istilah dasar yang berhubungan dengan internet. Yangmana dari pembahasan tersebut diharapkan mahasiswa dapat memahami serta mengaplikasikannya dalam pembelajaran.

 

 

PEMBAHASAN

  1. Distance Learning

Distance Learning (Belajar Jarak Jauh) mempunyai beberapa definisi  antara lain yang dikemukakan oleh Keegan, D.,”distance education & training result from the technological separation of teacher & learner which frees the student from the necessity of traveling to “a fixed place, at a fixed time, to meet a fixed person, in order to be trained” . Sedangkan e-learning mempunyai difinisi: the systematic use of networked multimedia computer technologies to empower learners, improve learning, connect learners to people and resources supportive to their needs, and to integrate learning with performance and individual with organizational goals[3]. Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa distance learning merupakan salah satu bagian/ makna dari e-learning.

Distance Learning merupakan suatu sistem pembelajaran yang menggunakan dua pendekatan secara filosofi dan penggunaan teknologi. Filosofi dari distance learning adalah menurunkan barrier ke pendidikan dan memungkinkan peserta ajar untuk belajar sesuai dengan yang diinginkan, waktu yang diinginkan dan dapat berlangsung dengan tempat berbeda. Sedangkan teknologi digunakan sebagai media proses pembelajaran.

Dengan adanya Distance Learning ini diharapkan ada tiga kategori pengembangan, yaitu: mengkonversi adanya sistem belajar mengajar tatap muka yang konvensional menjadi lebih fleksibel dalam hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan model video conference atau dengan model e-learning (v-class dan v-lab), menjadikan institusi pendidikan jarak jauh yang diakui kreditnya, dan mengkonversi pengajar konvensional, dan bahan ajar menjadi sistem elektronik.[4]

Dengan adanya distance learning ini, diharapkan memberikan kemudahan bagi peserta ajar dan dosen untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Konsep dari pembelajaran jarak jauh yang lebih dikenal dengan istilah distance learning atau distance education, yaitu suatu sistem pendidikan dimana terdapat pemisahan antara pengajar dan siswa baik secara ruang dan/atau waktu. Disarankan kepada stakeholder untuk mengadakan identifikasi kebutuhan belajar, gaya belajar, dan infrastruktur sebelum memulai distance learning.

Meskipun masih menjadi fenomena baru, sistem pembelajaran jarak jauh berbasis web ini mempunyai keuntungan yang berbeda dengan sistem konvensional dan computer based training (CBT)[5].

Dari pendapat tersebut tampak bahwa belajar jarak jauh yang kadang disebut juga dengan istilah e-learning merupakan sistem pembelajaran yang dirancang khusus menggunakan alat komunikasi elektronik. Belajar jarak jauh lebih murah dan kondisi geografis tidak menjadi halangan. Peserta pembelajaran yang memiliki masalah dalam penjadwalan dan jarak bisa mendapatkan keuntungan sebab pendidikan jarak jauh lebih fleksibel dalam waktu dan dapat disampaikan hampir di mana saja.

Greenberg (1998) mendefinisikan pembelajaran jarak jauh sebagai “sebuah rencana pengajaran/pengalaman belajar yang menggunakan spektrum yang luas dari teknologi untuk menjangkau peserta didik di kejauhan dan dirancang untuk mendorong interaksi peserta didik belajar dan sertifikasi”. Sedangkan Teaster dan Blieszner (1999) berpendapat  “istilah pembelajaran jarak jauh telah diaplikasikan ke berbagai metode instruksional”.

Proses distance learning bisa secara synchronous, di mana pengajar dan peserta didik dapat berinteraksi dalam waktu yang sama walaupun tidak dalam satu tempat, seperti contohnya teleconference. Sedangkan Asynchronous, peserta didik berinteraksi dapat pada waktu yang tidak sama dan tempat yang tidak sama juga, contohnya media Compact-disk (CD), dan e-learning. Distance learning juga dapat memperluas jangkauan dan jumlah peserta didik[6] (Kozlowski, 2002).

Dari definisi tersebut kita dapat melihat bahwa peserta didik dan instruktur/penyaji/ widyaiswara dipisahkan oleh ruang, tetapi belum tentu oleh waktu. Sebab saat ini kita bisa langsung melakukan chatting, menggunakan webcam untuk berkomunikasi, video instruksional, video conference interaktif, dan lain-lain.

  1. Internet

Secara harfiah, Internet (kependekan dari interconnection-networking) ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf ‘I’ besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking[7].

Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif[8].

  1. Istilah-Istilah dalam Internet

Beberapa istilah dalam interner diantaranya sebagai berikut:

1.      ADSL – Asymetric Digital Subscriber Line.Sebuah tipe DSL dimana upstream dan downstream berjalan pada kecepatan yang berbeda.

2.      Anonymous FTP -Situs FTP yang dapat diakses tanpa harus memiliki Login tertentu.

3.      ASP (Active Server Pages) adalah spesifikasi untuk membuat halaman Web dinamis menggunakan ActiveX script. Sewaktu browser membuka halaman ASP, server Web membuat halaman dengan kode HTML dan mengirimkannya kepada browser.

4.      Attachment = lampiran

5.      Bandwidth : Besaran yang menunjukkan seberapa banyak data yang dapat dilewatkan dalam koneksi melalui sebuah network.

6.      Banner : adalah media informasi dalam bentuk image / gambar untuk menayangkan iklan bergambar pada sebuah webpage.

7.      Broadband = pita lebar, jalur lebar

8.      Browser (peramban, penjelajah) adalah singkatan untuk istilah Web Browser. Browser adalah Sofware yang digunakan untuk surfing(menjelajah internet) atau sebuah program yang digunakan untuk mengakses World Wide Web (atau internet), dan fasilitas lainnya. Saat ini terdapat sejumlah browser yang populer, seperti Internet Explorer, Netscape Navigator, Opera, dan Mozilla.

9.      Browsing adalah menelusuri/berselancar/surfing secara langsung di internet/dunia maya

10.  Bulletin board = papan buletin

11.  CGI/Perl : bahasa komputer yang digunakan untuk membuat program interaktif di dalam sebuah webpage. Dikembangkan oleh pemakai komputer UNIX/LINUX.

12.  Chat : (obrol, obrolan, rumpi ) istilah khusus yang digunakan untuk melakukan interaksi di program chat yangmana merupakan sebuah program yang diterapkan dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet) yang digunakan oleh user untuk mengirim dan menerima pesan dalam bentuk tulisan (ketik) secara realtime (idealnya tidak ada waktu tunggu).

13.  Chatting: adalah suatu fasilitas dalam Internet untuk berkomunikasi sesama pemakai Internet yang sedang on-line. Komunikasi dapat berupa teks atau suara (chatting voice).

14.  Client : adalah sebuah komputer yang bertugas menerima data dan informasi yang telah diolah oleh Server yang diperlukan oleh user. Client biasanya di kendalikan / digunakan oleh seorang user.

15.  Collission = tabrakan data

16.  Connection = sambungan

17.  Copy = salin, kopi, ganda

18.  Crash = bertabrakan (biasa untuk perangkat lunak/keras bermasalah)

19.  Cut = potong

20.  Cyberspace = dunia maya

21.  Database = pangkalan data, basis data

22.  Delete/del = hapus

23.  Dial-Up : adalah jenis koneksi internet dengan menggunakan jaringan telpon.

24.  Dial-Up Networking : adalah fasilitas network yang dimiliki oleh sistem operasi Microsoft Windows yang dapat digunakan untuk melakukan koneksi Dial-Up, yaitu koneksi jaringan, baik jaringan komputer atau internet, dengan menggunakan fasilitas jaringan telpon.

25.  DNS – Domain Name Service. Merupakan layanan di internet untuk jaringan yang menggunakan Tcp/IP. Layanan ini digunakan untuk mengidentifikasi sebuah komputer dengan nama bukan dengan menggunakan alamat IP (IP Adress)adalah nama khusus dan unik yang digunakan untuk penamaan situs web pada internet.

26.  Domain name : adalah nama khusus dan unik yang digunakan untuk penamaan situs web pada internet.

27.  Download : (ambil data, unduh, muat turun) adalah proses pengambilan atau transfer file dari sebuah situs web internet (host atau server) ke media penyimpanan yang terdapat di komputer Client. Kebalikan dari download adalah upload.

28.  E-Coomerce (Electronic Commerce): adalah bisnis yang transaksinya dilakukan dengan bantuan jaringan komputer secara online. Transaksi tersebut adalah penjual dan pembelian barang dan jasa serta pembayaran yang dilakukan melewati komunikasi digital. Teknologi yang digunakan antara lain adalah Internet dan Electronic Data Interchange (EDI).

29.  Edit = sunting, ubah

30.  E-mail : (Elektronic Mail) atau surat elektronik adalah sebuah program yang diterapkan dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet) yang digunakan oleh user untuk mengirimkan pesan dalam bentuk tulisan (ketik) atau gambar kepada user lain di dalam atau di luar jaringan komputer tersebut. User dapat pula menerima (receive e-mail), membalas (reply e-mail), dan meneruskan (forward e-mail) kepada user lain

31.  FAQ Frequently Asked Questions: yaitu kumpulan pertanyaan yang sering diajukan beserta jawabannya.

32.  Finger Protocol: untuk mengetahui informasi seorang user di sebuah komputer.

33.  Firewall : Aplikasi pengaman komputer dari aktivitas hacking.

34.  Flame : Amukan seseorang terhadap orang lain melalui Internet. Flame biasanya dilontarkan terhadap orang yang melanggar kesopanan.

35.  Forward/fwd (e-mail) : terusan

36.  Freenet :Suatu sistem on-line yang gratis.

37.  Freeware : Software yang disediakan bebas untuk dapat didownload dan digunakan secara gratis oleh  para pengguna internet.

38.  FTP : (File Transfer Protocol) adalah protokol Internet yang digunakan untuk menyalin file antarkomputer[9].

39.  Googling: Melakukan Pencarian dengan mesin Pencari Google.

40.  Hacker : adalah seorang yang ahli dalam bidang komputer, internet pada khususnya, dimana dengan keahliannya tersebut dapat menembus, merusak, serta melakukan hal-hal yang tidak diinginkan dalam suatu jaringan komputer (termasuk internet). Misalnya merusak website yang ada, merusak program yang telah di buat oleh webmaster, atau administrator.

41.  Home Page : Tampilan awal dari suatu website yang memuat informasi atau gambaran singkat tentang apa isi dari website tersebut.

42.  HTML : Hyper Text Markup Language, adalah bahasa komputer yang digunakan untuk membuat sebuah halaman webpage dan merupakan standar forma untuk dokumen Hypertext..

43.  Http:// : http atau Hyper Text Transfer Protocol adalah kode yang dituliskan pada awal site, untuk menjelaskan pada program webbrowser bahwa protokol (antarmuka) yang digunakan adalah http

44.  Hyperlink : Hubungan tersembunyi antar dokumen HTML pada sebuah WEB server, biasa ditampilkan dengan format bergaris bawah.

45.  Hypertext : serangkaian kata pada dokumen HTML yang mempunyai hubungan (link) dengan dokumen HTML lain.

46.  Install = pasang

47.  Interface = antarmuka

48.  Interferensi = gangguan signal (berkaitan dengan signal wireless)

49.  Internet Explorer : program komputer yang digunakan untuk dapat menampilkan halaman-halaman yang ada pada sebuah website di internet, yang dibuat oleh Microsoft Corp.

50.  Internet Service Provider = penyelenggara jasa internet

51.  Internet-TV : adalah sebuah TV yang dimodifikasi untuk dapat digunakan sebagai media / alat untuk berkomunikasi dan berinteraksi melalui internet.

52.  Intranet : sumber daya informasi yang digunakan untuk kepentingan internal dari suatu instansi atau perusahaan dengan menggunakan jaringan komputer yang ada.

53.  ISP : Internet Service Provider, adalah lembaga/instansi/perusahaan yang menyediakan jasa pelayanan penyedia jaringan internet.

54.  Keyword = kata kunci

55.  Lag = lambat

56.  Link = taut, kait, pautan, pranala

57.  Load = muat

58.  Login / log in / log on / logon : log masuk, masuk log : otorisasi yang dilakukan oleh seorang user dengan memasukkan username dan password di dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail) sama dengan sign in.

59.  Logoff /logout / log out / log off : log keluar, keluar log: tidak melanjutkan kembali atau keluar dari sebuah sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail) sama dengan sign out.

60.  Lycos : adalah search engine di internet yang dapat digunakan oleh user untuk mencari. http://www.lycos.com

61.  Mailing List adalah Fasilitas E-mail Internet ,dimana pemakai dafat mendaftarkan diri ke suatu daftar pengiriman E-mail untuk suatu topik tertentu,sehingga pemakai akan secara otomatis mendapatkan kiriman E-mail setiap anggota Mailing_List Manager,.

62.  Malware kepanjangan dari Malicious Software. Program yang biasanya digunakan untuk mencari kelemahan suatu software dan biasanya merusak software dalam komputer anda.

63.  Modem : adalah alat komunikasi tambahan yang digunakan oleh komputer / notebook agar bisa melakukan koneksi dengan jaringan komputer lain, internet misalnya

64.  Netscape Navigator : program komputer yang digunakan untuk dapat menampilkan halaman-halaman yang ada pada sebuah website di internet, yang dibuat oleh Netscape Corp. Password : kode rahasia yang digunakan oleh user untuk dapat mengotorisasikan username yang dia miliki untuk dapat semasuki sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail).

65.  Network = jaringan

66.  Newsgroup = kelompok warta, kelompok diskusi

67.  Off line = tidak terhubung, terputus, luring (luar jaringan)

68.  Online / on line = terhubung, tersambung, daring (dalam jaringan)

69.  Passphrase = frase sandi, kalimat sandi

70.  Password : kode rahasia yang digunakan oleh user untuk dapat mengotorisasikan username yang dia miliki untuk dapat semasuki sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail).

71.  Paste = tempel, rekatkan

72.  Phising : Tindakan kejahatan di internet yang memperdaya korbannya dengan membuat suatu situs mirip dengan aslinya untuk mendapatkan data pribadi korban.

73.  Plugin : adalah program khusus yang dapat di tambahkan pada program webbrowser dimana dapat membantu webbrowser untuk dapat menampilkan animasi, program interaksi, 3D object, tertentu dengan baik.

74.  Preview = pratonton, pratilik, pratayang

75.  Protokol: Sejumlah aturan yang menentukan bagaimana dua buah komputer atau lebih saling berkomunikasi

76.  Save = simpan

77.  Scan = pindai

78.  Script : adalah kumpulan perintah yang disusun dalam bahasa komputer tertentu (Java, VisualBasic, CGI/Perl) untuk melakukan sebuah program interaktif atau animasi dalam sebuah webpage.

79.  Search Engine : adalah sebuah program di internet (website tertentu) yang digunakan untuk mencari informasi tertentu yang di perlukan oleh user. Misal : Yahoo, Lycos, Altavista, Excite dan lainnya.

80.  Server : adalah sebuah komputer yang bertugas melayani pembagian serta pengolahan informasi yang diperlukan oleh Client. Server biasanya di kendalikan oleh seorang admin.

81.  Shareware : Software yang merupakan sample yang dapat dicoba dulu, dan jika berminat kita dapat menghubungi penjual untuk membelinya. seperti DEMO gitu deh.

82.  Sign in / signin / sign on = catat masuk, lihat login

83.  Sign out / sign off = catat keluar, lihat logout

84.  Situs : Suatu alamat di dalam sebuah Web.

85.  Spam : merujuk kepada praktek pengiriman pesan komersial atau iklan kepada sejumlah besar news group atau email yang sebetulnya tidak berkeinginan atau tidak tertarik menerima pesan tersebut.

86.  Spammer : Orang yang mengirim junk mail atau spam.

87.  Spam Pesan:  berupa e-mail masal yang tidak kita inginkan, bisa berupa pesan tak berarti atau iklan yang kurang bermanfaat dari pihak yang tidak dikenal.

88.  Spoofing Merupakan sebuah teknik serangan melalui authentifikasi suatu sistem ke sistem lainnya dengan menggunakan paket-paket tertentu. Biasanya spoofing dilakukan dengan cara membuat situs web tiruan berdasarkan sebuah web.Upload : adalah proses pengiriman atau transfer file dari media penyimpanan yang terdapat di komputer Client yang dipakai oleh user ke sebuah situs web di internet.

89.  Spyware Program yang dirancang untuk mengintip isi komputer dan aktivitas seseorang saat berkomputer, dan hasil dari intipan akan dikirim kepada pihak yang mengontrol program tersebut. Program ini juga bisa mengintip isi PC yang dimasukinya.

90.  Surfing = berselancar, selancar maya

91.  Teleconference :  adalah pertemuan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang dilakukan melewati telefon atau koneksi jaringan. Pertemuan tersebut hanya dapat menggunakan suara (audio conference) atau menggunakan video (video conference) yang memungkinkan peserta konferensi saling melihat. Dalam konferensi juga dimungkinkan menggunakan whiteboard yang sama dan setiap peserta mempunyai kontrol terhadapnya, juga berbagi aplikasi. Produk yang mendukung teleconference pertama melalui internet adalah NetMeeting yang dikeluarkan oleh Microsoft.

92.  Update = pemutakhiran, pembaruan

93.  Upload : adalah proses pengiriman atau transfer file dari media penyimpanan yang terdapat di komputer Client yang dipakai oleh user ke sebuah situs web di internet.

94.  User : pemakai atau pengguna dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail).

95.  Username = nama pengguna

96.  Virtual Reality = realitas maya

97.  Virus : adalah program tersembunyi yang dapat ‘menebeng’ atau ‘membonceng’ pada program lain yang terdapat pada internet, atau pada surat elektronik, yang sangat merugikan user dan admin, dimana program tersebut dapat merusak program lain yang dimiliki oleh user di komputernya, dan juga dapat merusak program interaksi yang terdapat pada situs web yang sedang di maintain oleh admin.

98.  VisualBasic : bahasa komputer yang digunakan untuk membuat program interaktif di dalam sebuah webpage. Dikembangkan oleh perusahaan Microsoft Corp.

99.  Voice-mail : sama seperti halnya dengan e-mail akan tetapi yang dikirimkan bukan berupa teks, melainkan berupa suara.

100.        VoIP (Voice over Internet Protocol) adalah nama lain internet telephony. Lihat internet telephony.

101.        WAP : Wireless Application Protocol, adalah fasilitas pada handphone yang dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi tertentu yang terhubung dengan internet. Dengan WAP kita dapat menggunakan internet tidak saja untuk menerima dan mengirim handphone, bahkan untuk kalender, jadwal, serta gambar.

102.        Web browser : program komputer yang digunakan untuk menampilkan webpage. Contoh web browser : netscape navigator, internet explorer, dan lain-lain.

103.        Web page : adalah halaman yang dapat ditampilkan di sebuah website di internet, yang dapat menampilkan, teks, gambar, bahkan suara, animasi dan video.

104.        Webmaster : seorang yang bertanggungjawab untuk membuat dan memelihara situs web yang bersangkutan[10].

105.        Website : adalah sebuah kumpulan halaman (webpages) yang di awali dengan halaman muka (homepage) yang berisikan informasi, iklan, serta program interaksi.

106.        Wireless = nirkabel/tanpa kabel

107.        WWW : World Wide Web adalah layanan internet yang menggunakan konsep Hypertext antar dokumen yang berkaitan, didalamnya terdapat berjuta halaman web (web page). Protokol untuk mengaksees WWW adalah HTTP (hypertext transfer protokol)

 

KESIMPULAN

Distance Learning proses pembelajaran yang mana antara peserta didik dan instruktur/penyaji/ widyaiswara dipisahkan oleh ruang, tetapi tidak oleh waktu. Sebab saat ini proses pembelajaran dapat berlangsung di mana pun juga semisal dengan chatting, menggunakan webcam untuk berkomunikasi, video instruksional, video conference interaktif, dan lain-lain. Oleh karena itu antara Guru dan murid, dosen dan mahasiswa, tutor dan tutee (peserta tutorial) tidak perlu lagi bertemu tatap muka di dalam ruang kelas/kuliah.

Dengan demikian, sekarang ini, sangat dimungkinkan mengembangkan konsep pendidikan melalui teknologi canggih dan menghasilkan lulusan yang kreatif dan produktif serta tidak berorientasi pada uang semata. Pendidikan tinggi, oleh karenanya, harus mengubah  gambaran masyarakat dari institusi yang dianggap eksklusif menjadi institusi yang merakyat yang melayani masyarakat luas. Sehingga tidak ada lagi alasan untuk tidak melanjutkan jenjang pendidikan.

DAFTAR PUSTAKA

Makalah  E-Learning pada Pendidikan Jarak Jauh : Konsep yang Mengubah Metode Pembelajaran di Perguruan Tinggi di Indonesia dalam Pdf. E-learning

Jones, H, Designing Web Based Education Courses For Nurses, (USA: Nursing Standard, 2004)

Makalah Learning Desain Dalam E-Learning, Disampaikan pada pelatihan E-learning. Depok UI, Jakarta, September 2005

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s