Memilih Tema Pidato yang Tepat

Memilih tema suatu pidato bagi saya termasuk mudah, begitu juga dengan Anda. Bagaimana tidak, pengalaman Anda selama mengarungi kehidupan saya kira sudah cukup banyak. Semua orang tentu pernah mengalami cobaan hidup hingga sampai masalah reda.

Pernahkah semangat turun hingga tiba-tiba muncul  kembali karena sesuatu ?, atau khilaf dan merasa bersalah setelah berbuat ?, masih banyak lagi yang lainnya, termasuk bagaimana Anda mampu menyelesaikan masalah orang lain.

Tu, kan. Mudah sekali menentukan tema untuk bahan Anda dalam pembicaaraan di depan umum, termasuk pidato Anda nantinya. Menentukan tema itu layaknya Anda bercakap-cakap dengan teman atau seseorang, jadi tidak usah memaksakan kehendak.

Tidak usah harus ilmiah, yang penting Anda dan audiens dapat memahami apa yang Anda bicarakan. Layaknya meracik makanan, yang penting Anda bisa menunya.

Kalau orang suka atau tidak makanan Anda, buat saja terlihat berbeda. Misalkan nasi goreng, agar spesial tambahkan saja fariasi penampilannya.

Begitu juga dengan pidato Anda nantinya. Jika temanya sering mereka dengar, ubah judulnya agar lebih menarik, penampilan Anda dan ekspresi Anda.

Biasanya orang dalam memperingati suatu haflah, menggunakan judul yang memang untuk peringatan itu sendiri, misalnya “Memperingati Kelahiran Nabi Besar Muhammad.” Akan lebih keren jika menggantinya dengan judul yang lebih edukatif.

Judul edukatif ?, apaan itu ?.

Yup, yang mampu mencerminkan pendidikan. Namanya juga edukatif, Jadi benar-benar mendidik. Tapi harus diingat, orang tidak suka digurui. Kaya’ ustadz saja. Bahasa yang sering digunakan dalam berceramah memang agaknya menggurui, tapi itu bisa dihindari, diantaranya menjauhi kata-kata harus.

Saat membuat tema yang baik, tidak hanya sesuai dengan kemampuan Anda, tapi juga bagaimana audiens mampu menjadi tergugah dengan tema yang nanti akan Anda sampaikan.

Tapi tidak usah khawatir, untuk mengetahui apa yang disukai audiens  akan saya jelaskan pada bab selanjutnya, yang penting Anda tahu dulu potensi diri Anda.

Perlu Anda ketahui kalau dalam berpidato paling tidak ada 4 jenis tema, yaitu : agama, ekonomi, politik dan sosial.

Namun seiring dengan perkembangan pengetahuan dan ilmu komunikasi, Anda bisa mencakup dan meringkasnya menjadi : Motivasi, Bisnis dan Seminar Ilmiah. Untuk sementara yang familiar dan sering ditemui adalah ketiga hal tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s